PERAK ITU KELUARGA

by keluarga Penggemar Bagong aka The Travel Schoolers Indonesia #EdisiKompor #Aha #MejaPeradabanKami #CangkrukanKeluarga


Assalamu'alaikum para keluarga Perak semua. Sore ini kami berdua ngobrol sambil #ngopi ☕ sore. Bahasan kami seputar "Mengapa PERAK ini SESUATU BANGET"


Apa yg kami yg mendorong kami 3 tahun lalu memutuskan dan memaksakan diri tergabung dalam keluarga ini. Apa yang alasan kami yg kala itu masih nubie(2018) memutuskan, untuk menjadi tuan rumah/Kadus PERAK DIASPORA 2019, yg kala itu dikenal sbg kamituwo.

Apa yang membuat kami bangga tuk slalu menceritakan kepada siapapun, tentang KELUARGA ini.


Apa yang menjadi bahan bakar kami tuk ngebolang jauh ke Prabumulih hanya untuk "sekedar". .......... ....... ..... Walaupun bagi kami tidak hanya sekedar tapi ESENSIAL dan AUTENTIK Banget, saat diterima #OmahProject 3hr 2malam. Ngeteh bareng pak @Sigit PERAK dan mbak @Ressy PERAK di teras rumah di pinggiran lapangan golf itu.

Apa pula yang mengirim kami terbang dan menyebrang jauh, dan masih juga tambah renang di tengah hutan sejauh 7 jam lamanya, Semarang Banjarmasin --》 Tanjung. ..... Lagi lagi tak bisa kami pake kata "hanya". Ngopi, ngeteh dan ngobrol di dapur #RumahUlin bareng pak @Rian Ulin dan teh @Angga ULIN sungguh bermakna bagi kami.

Juga dengan kehangatan Homestay Kebanggaan bersama keluarga PERAK. Villa Yudistira nya #RumahKuSurgaKu #RKSK, dg hidangan khas #RKSK, kopi Cepu-nya Mas @Adin dan Mbak @Yuli Zia Ziodi Salatiga. 

Hangatnya Ngobrol sampai subuh bareng mas @Yudi BSS dan mbak @Nur Hikmah keluarga #BSS dari Banjarmasin, membelah sungai menuju pasar apung Lok Baintan.


Serta pelosoknya rumah adik kami keluarga #BENIQ, mas @Yudi Beniq dan mbak @Tante Awwal, di BUMI SEPATAN, yang berkenan kami todong masak kopi sebelum nyebrang ke Sumatra dan lanjut Prabumulih. Dan perkenan pojokan kasur beliau kami pinjem buat rebahan sepulang dari PERAK GARUT 2019 lalu, sebelum kami putar balik ke Semarang lewat Bandung, singgah di #RumahSoka kang @Jaja SOKA dan teh @Artri SOKA di Banjar. Hingga dibekali sekian kotak berisikan martabak2 produk Martabak 5 yg trending itu, yang legit dan hangat sebagai teman perjalanan kami lanjut ke Semarang, dan kembali singgah di keluarga #KPK mas @Indra Pelem Kalih dan mbak @Linda PERAK. Ya #mendoan dan mie ayam. 😁😁😁.


Kehangatan rasa dan nyamannya hati juga selalu kami rindukan:


Mulai dari ujung timur #ElFath mas @Hari EL FATH dan mbak @Najha💕 dengan PulauMerahnya.


Mbak @Shanty PERAK dan Mas @Savly PERAK yang berkali kali kami curhatin atas kegalauan menjelang event Perak 2019 lalu. Secara beliau berdualah tuan rumah Perak Malang 2018. Terucap maaf pula tuk kamar yg ditata rapi wangi, yg tak jadi rebahi itu 🙏.


Lucunya mas @Adri Suyanto dan tegarnya mbak @Euis PERAK memiliki suami sprt mas @Adri Suyanto🤭. #ngguyuolehilmu.

Megah dan full servicenya villa Keluarga #Progresif-nya Pak @Dirham dan mbak @Riyadlotus Sholichah di Prigen. Dan kota Gresik serta kue bikinan mbak @Riyadlotus Sholichah yang belum kami cicipin itu. #keburuPandemi


Juga Angkringan yang viral di Wonogiri, yang menjadi ruang tamu bagi kami yg hobi memadukan piring dan sendok ini. Angkingan Sopo Ngiro dari keluarga #KSN, pak @Norman KSN dan mbak @Dewi SOPONGIRO. Yang sedari dulu ber-buddy-an, diminta menginap di NuaStar Hotel. Masih juga belum lunas, baru sekedar janji2.


Keluarga solo raya.... ada Papi @Nur Amalia PERAK dan mami @Nur Amalia PERAK. Mas @DK Jakarta dan mbak @Ken Eka DJak.


Homestay inspiratif bg kami, ala Mas Okta dan Biyung @Ratna Palupi, #GriyaBerkah. Yang memprovokasi kami memvermak kamar jadi kamar tamu untuk menyambut keluarga2 perak yang singgah dan berkunjung.


Hangatnya Tosotto Mlethik, ramuan pakdhe @Lukmanul Hakim dan budhe @Bunda Ulan #DoyanDolan. Yang menyempatkan singgah di rumah kami sebelum tervermak kala itu. Tersiksa dg #panas nya kota semarang.


Kang @Lukman KLB dan teh @Tante Ilva. Tetanggaan berlama lama, tp krn tak disegerakan berkunjung, akhirnya pindah salatiga. 😭😭


Mbak @Ade JLB dan mas Reza. Kenalan akrab kami yg pertama di komunitas ini. Yang tetap ramah hangat dan bersenyum indah menyapa kami yang bener2 nubie kala itu di event cangkrukan.


Mas @Hamidi PERAK dan mbak Dila, Jepara. Yang dg ikhlas kami tilik (jenguk) bayi beliau saat sang bayi sudah besar. 😁😭🤭


Juga guyonan khas mas @Eko KUMARRA dan senyuman adem teh @Kanty_kummara, juga boardgames2 nya yg membantu kami saat membersamai sang jagoan.


Lain pula cerita dengan keluarga kami yg bernama NABLA Home Team, nama yang diambil dari istilah penamaan sebuah operator operasi vektor dalam kalkulus. Matematikan banget, krn emang sang empu mas @Tio adalah jago math dan fisika. Dan entahlah ada di bagian mana yang mewakili mbak @Ika yg gurunya guru Sekolah Dasar. Silahkan tanya langsung ke beliau beliau. Yang masuk dalam cerita kami tentang keluarga ini, adalah nasib ayam-ayam kampung yang tersembelih oleh orangtua mas @Tio di kampung, gegara kami singgah di tengah hujan deras sepulang dari rumah keluarga #KPK. Sore itu, ayam goreng sambel pedes ditemani sayur kuah hangat, dipaksakan masuk ke kami, padahal keluar dari Ajibarang, duduk saja sudah tak lagi nyaman krn mie ayam, mendoan dan durian KPK. Selain itu juga asrinya kediaman NABLA di Sruwen yang super luas dan puanjang, dilengkapi halaman depan, belakang dan samping yg selalu mengundang untuk pendirian tenda di sana. Seru...... Terima kasih NABLA, atas kehangatannya.


Dan masih banyak keluarga2 perak yang masih waiting list kami gangguin ruang tamunya... bbrp sudah booked tp tak kunjung terlaksana. Antara lain keluarga #BumiSehatBahagia hya bidan @Bumisehatbahagia bandung, keluarga #firdausArk kang @Zaky WHITEBEE dan teh @Nisa PERAK, bandung. keluarga #Pelangi pak @Edo PERAK dan bu @Vivi Hakim, Barabai.


Agenda kami yg tertunda, yaitu lari keliling Hanggar bareng mas @Jamil Savira dan mbak @Savira PERAK, #keruntelan. Ditemani teman sekamar saat perak garut, mas @desrianto a prayogi. Semoga ada rezeki rescheduling lg.


Bahkan Maret kemarin kami pengen ngapal ke Medan buat bukin kejutan ketemuan, ngopi bareng mas A Yani dan mbak @Yessy Liana Putri.


Dan masih banyak keluarga lain yg mgkn belum terketik.


Juga selalu di hati, walau gak berani men mention nya. Yaitu keluarga #Padepokan Margosari. Emak @Septi PERAK dan Bapak @Dodik PERAK, juga mas mas mbak mbak.


.....


Ada begitu banyak tanya dan cerita bahagia sore ini tadi. Apa, mengapa, kenapa, untuk apa, untuk siapa dan bagaimana.....


Ya... P E R A K - Perindu Ramadhan Keluarga sangatlah istimewa.


Obrolan ini dimulai saat kami ngobrolin mbak Manda dari #GriyaBerkah Jogya dan mbak Ulan dari #DoyanDolan Salatiga, berbulan-bulan belajar bareng dengan #OmahProject.


Disusul kabar terbaru tentang kepindahan #OmahProject ke Jawa.


Seberapa pentingkah ini ?!


Ya, bagi kami yang ngerasa nyaman dan mudah belajar melalui cara dan metode "berkunjung silaturahmi - melihat langsung - ngobrol langsung - dan ngopi ngeteh langsung" ini, kabar itu sangat menyejukkan. Krn belajar langsung ke #OmahProject tak lagi jauh. Ngeteh bareng dengan #OmahProject terbayangkan lebih mudah.


Titip menitipkan anak,

Magang,

Intership,

Nyantrik,

Boarding,

Ngebolang,

BelajarBareng,

Kerjabareng,

Projectbareng,


Atau apapun itu istilahnya dan diistilahkan.

Yg jelas itu semua jadi M U D A H di perak ini.


Begitu banyak dan variatifnya profesi dan bisnis keluarga2 perak. Menjadikan tahapan talent journey sang jagoan jadi lebih mudah.


Jika sang jagoan, putra kami:

Pengen bisnis klinik kirim saja ke #KSN dan #BumiSehatBahagia

Pengen bisnis retail, magangin aja di #RumahSoka

Pengen kuliner, jadikan waiter saja di #KSN dan #RumahSoka

Pengen bisa bikin boardgames, jadikan saja sbg cantriknya mas @Eko KUMARRA

Pengen bisnis mebel, magang jadi tukang amplas di mas @Hamidi PERAK

Pengen jadi lawyer, biarlah dia jadi asisten pembawa tas Papi @Taufik PERAK

Pengen bisa masak ala chef resto, kos kan saja di rumah mas @DK Jakarta

Pengen bisa nyanyi, belajar langsung sama kang Abay Motivasinger di Bandung


Dan sekian banyak talent talent lainnya dalam keluarga ini.


Pun juga demikian buat kita para ortu yang dewasa ini. Belajar langsung dg keluarga yang sudah menjalankan sesuatu bidang itu, lebih mudah belajarnya. Istilah kerennya mentorship dalam keluarga.


Dan masih belum juga menghitung berapa homestay yg kita punya.... terbentang seluas peta yang mampu dicetak oleh keluarga ini. Cukup, share di kanal ini..


"Hai, assalamu'alaikum. Kami ada di kota Surabaya nich. Adakah yang bisa nemenin ngopi ngeteh?"


Seketika dan tak butuh waktu berapa lama, pesan japri masuk, dg sekian pertanyaandan ajakan singgah.


Silahkan mampir, alamat kami di..xxxx

Posisi dimana, kami jemput ya.....

Sampai kapan? Nginap di rmh kami ya...

Perlu mobil? Silahkan bawa mobil kami...

Perlu motor, pake motor kami saja....

dan lain lain....


Inilah yang kami rasakan. Padahal kami tergolong newbie, gak terlalu sering beredar, tak terlalu banyak kenal senior junior dan sesama, tak terlalu dekat dg banyak keluarga.


TAPI KAMI MERASAKAN KEHANGATAN INI

KAMI MENYADARI POTENSI INI

KAMI MENGAKUI MANFAAT MANFAAT INI.


Keluarga ini sangat berbeda dengan komunitas biasa. Di keluarga ini banyak sekali potensi, yang bisa mempermudah kita dalam membersamai buah hati.


Selalu kami ingat pesan Emak @Septi PERAK, Bapak @Dodik PERAK:

"Tergabung di dalam komunitas PERAK ini, bagaikan K E L U A R G A. Seketika anak anak kita mempunyai bapak yang berjumlah banyak, mempunyai ibu yang juga berjumlah banyak. Dan kita para orang tuanya, juga seketika punya anak banyak".


Di sini Kita bisa saling bantu, saling dukung dan saling isi dalam membersamai sang buah hati, sekaligus membangun peradaban lebih baik. Semoga percikan obrolan kami ini, yang serasa curhat, dapat mempererat tali silaturahm kita semua.


Semoga sehat selalu. Lancar rezeki dan selalu bahagia.😃😃.


Terkhusus buat Emak @Septi PERAK dan Bapak @Dodik PERAK,

T E R I M A K A S I H atas semua hal baik ini. Semoga Allah meridhoi. Aamiin


Buat seluruh keluarga PERAK: salam ☕☕ #NgopiBebarengan


Salam hangat dari kami,


The Travel Schoolers Indonesia

aka

Penggemar Bagong / PB


Semarang, 21 juni 2020.

Selesai ketik 20.10


NB: Numpang release #Rebranding #FamilyBranding 🙏

51 views0 comments

Recent Posts

See All