Membangun A Home Team Bersama PERAK

Setiap keluarga akan menghadapi masa kritis dalam suatu periode. Tantangannya bisa ekonomi, kesehatan, relationship, pendidikan anak, atau lainnya. Saya merasakan perlu adanya perubahan dan peningkatan dalam keluarga, setelah pulih dari sakit yang cukup parah. Saya merasa, ada yang perlu diperbaiki, perlu ada yang membimbing saya.


Murid Siap, Guru Datang.


Saya mendapat kesempatan untuk langsung menjadi Koordinator Komunitas Ibu Profesional, dan bertekad ingin belajar langsung pada Ibu Septi. Dan kemudian, tidak lama setelah menjadi Koordinator, Saya mendapat info tentang event PERAK 2016.


Melihat informasinya, event ini diadakan oleh keluarga Ibu Septi, dengan nuansa kekeluargaan, hangat dan akrab. Maka saat itu, saya langsung keukeuh untuk mendaftar PERAK 2016, padahal lokasinya di Dolan Deso Jogja. PERAK 2016 bertema Family Branding. Tak terbayang kontennya akan seperti apa, tapi yang jelas saat itu saya hanya bisa membayangkan untuk bisa mendekatpada Ibu Septi. :D

PERAK 2016 inilah, awal mula Hs Family semakin kompak dan membangun A Home Team yang lebih baik.


Baca: Road To PERAK 2016, PERAK 2016 dan Wasp Costume


Di PERAK 2016, jujur saja.. materinya membuat Kami pulang dengan kebingungan. Tapi dengan kebingungan itulah kami bisa tumbuh dan belajar. Selain itu, kami juga jadi mendapat oleh-oleh berupa networking berbagai keluarga yang siap belajar, berbagi dan melayani. Berbekal pengalaman PERAK 2016, Kami pun bertekad untuk mengikuti PERAK 2017. Karena tak ingin lepas dan jauh dari lingkaran keluarga PERAK yang begitu inspiratif, memotivasi dan penuh energi positif.


Alhamdulillah PERAK 2017, dengan tema Gamification, diadakan di Ciwidey Bandung. Sehingga, kami bisa lebih mudah menjangkau lokasinya. Sejak sebelum Event diadakan, Kami disibukkan dengan Project Keluarga. Selama Event berlangsung, Kami sibuk bermain. :D Dan Pasca Event, oleh-olehnya adalah, Kami belajar untuk lebih sering membuat project dan lebih serius main, ngobrol dan beraktivitas bersama anak-anak.


Tahun berikutnya, PERAK 2018 tema Diaspora diadakan di Malang. Meski liburan sekeluarga ke Malang merupakan cita-cita, Kami baru berhasil mengutus Nisrin untuk ikut serta. Alhamdulillah, Keluarga Doyan Dolan bersedia menjadi orang tua asuh Nisrin. Bahkan Nisrin jadi berkesempatan untuk ikut Road Trip nya Doyan Dolan PP Tangerang-Malang selama 2 minggu. Sungguh pengalaman yang berharga dan bermakna bagi Nisrin. Oleh-oleh PERAK 2018 adalah, Jaringan Orang Tua Ideologis, yang siap menemani anak-anak untuk terbang lebih jauh.


Setelah melalui 3 PERAK, keluarga kami jadi semakin semangat untuk memperbaiki kekompakan dan kebersamaan dalam keluarga.


Kami belajar dari keluarga-keluarga PERAK, bagaimana membangun A Home Team. Kami belajar untuk tidak silau dengan keluarga lain. Tapi kami belajar untuk saling berbagi kebaikan, sehingga keluarga kami akan bersinar dengan cahayanya sendiri, bersama dengan cahaya lainnya.


Hikmah yang kami dapat, bukan hanya didapat saat PERAK berlangsung, tapi melalui interaksi sebelum dan sesudah PERAK berlangsung. Tahun 2019, kabarnya PERAK akan diadakan di 4 lokasi dan waktu yang berbeda. Ingin rasanya mengikuti semua PERAK. Tapi Hs Family akan kedatangan satu anggota keluarga baru. Sepertinya Kami tidak bisa mengikuti semua PERAK. Tapi kami usahakan agar Nisrin dan Evelyn bisa ikut di lokasi PERAK terdekat, tentunya dengan bantuan keluarga PERAK yang bersedia menjadi orang tua asuh.


Dulu membayangkan, seandainya punya keluarga besar yang satu frekuensi dalam membangun keluarga, mendidik anak. Kami merasakan, PERAK adalah keluarga besar yang saya impikan. Maka menjalin silaturahim dan terus bergandengan bersama keluarga PERAK, merupakan suatu kebutuhan.



Saya dan Suami punya kelemahan dan kekurangan yang harus disiasati sebagai orang tua. Mencarikan keluarga dan orang tua ideologis bagi anak-anak, merupakan solusi yang kami pilih. Dan itu bisa didapat melalui Komunitas PERAK ini.


Semoga kami pun bisa menjadi orang tua ideologis bagi anak kami dan anak-anak keluarga lain. :)


#PERAK

#GoesToPERAK2019

#Sharing

#Learning

#Networking

116 views0 comments

Recent Posts

See All