KESAN PERAK PARI (1): LOCATION

Alhamdulillah kegiatan PERAK dusun Pari sudah terlaksana minggu kemarin dengan lancar dan membahagiakan. Masih belum bisa move on tentang keseruannya. Tapi, sudah tidak deg-degan lagi, he..he... Sudah lega! Selama kegiatan PERAK, baru kali ini didakan di pantai dan mesti menyeberangi lautan selama + 2 jam. Juga tentang cuaca yang memang sedang musim hujan. Meskipun, kadus dan sokadus sudah mempersiapkan sebaik dan seoptimum mungking, masih ada secercah rasa kuatir jikalau peserta kurang nyaman selama berkegiatan. Hal-hal yang baru pertama kali dilakukan biasanya membuat rasa cemas meningkat, namun terbayarkan menjadi kenangan ketika semua sudah kelar dan membahagiakan.


Pulau Pari berada di gugusan kepulauan Seribu yang membentang dari selatan ke utara perairan Jakarta. Pulau ini memiliki destinasi wisata andalan, yaitu pantai Perawan, pantai Bintang, dan dermaga Matahari. Semua tujuan wisata tersebut dikelola secara mandiri oleh warga sekitar. Keindahan pantainya. yang landai dan berpasir putih menjadi daya tarik bagi wisatawan. Juga ada beberapa spot untuk snorkling melihat keindahan dan biota laut. Makanya, ketika team survey pertama kali menjejakkan kaki di pulau ini, langsung memutuskan lokasi PERAK Jadebotabek berada disini dengan konsep camping bertenda dan pandangan laut yang terbentang luas.

Pak dan Bu Kadus beserta team lantas membuat rancangan acara dengan memanfaatkan sumber daya yang melimpah ini. Terutama untuk kegiatan anak-anak PERAK yang biasanya tidak lepas dari permainan air. Nah, disini air dan pasir berlimpah. Pun area permainan terbentang, sehingga anakanak bebas berkeliaran, eh bermain, he.he... Untuk aktifitas GERAK pun banyak yang bisa dieksplore di pulau ini. Ada eksplorasi hewan bintang laut, snorkling, atau explore tentang bakau. Rasanya, untuk anak-anak dan GERAK tak perlu dikuatirkan. Tantangannya justru pada orang dewasa yang berasa was-was dan cemas. Apalagi mesti mengarungi samudera selama 2 jam. Takkuuttt!

Bisa jadi, karena tema PERAK tahun ini adalah Family Strategic Planning yang menggambarkan keluarga sebagai bahtera yang menagrungi samudera, jadi para peserta diajak secara real mengarungi lautan menggunakan perahu klotok. Hmm...


(bersambung)





70 views0 comments

Recent Posts

See All