FSP CAMP 1441 H @CUNTEL (bagian 1)

Keluarga seringkali dianalogikan dengan bahtera yang sedang mengarungi samudera luas. Perlu sebuah tujuan agar bahtera bergerak menuju tujuan tersebut - tidak terombang-ambing mengikuti arah angin, perlu adanya kompas sebagai panduan arah agar bahtera tidak melenceng jauh dari arah semula. Menghadapi gelombang dan badai yang kadang menerpa, dibutuhkan sekoci untuk berjaga-jaga. Istilah-istilah tersebut di FSP dikenal sebagai starting point, tujuan (visi), misi, golden rules, core values, dsb. Beberapa keluarga PERAK -  ada juga yang non PERAK, tapi setelah itu biasanya mengikuti event PERAK - tiap tahun berkumpul menjelang pergantian tahun Hijriyah untuk sharing tentang FSP keluarga masing-masing. Kali ini berlokasi di lereng gunung Merbabu, di desa Cuntel, 45 menit dari kota Salatiga. Camping di ketinggian 1624 dpl memang membutuhkan perjuangan tersendiri. Diinggiinnn, rek! 

Cuntel Camping Ground, lereng gunung Merbabu, 1624 dpl

Kumpul-kumpul sharing FSP ini sudah 3 tahun berjalan. Awalnya di Angkringan SopoNgiro, Wonogiri yang dilanjutkan dengan wisata desa Wayang dan desa Organik. Kami live in disana, tinggal dan berbaur dengan penduduk desa. Setahun kemudian berlanjut di ujung timur pulau Jawa, Banyuwangi. Bermalam dan berbagi rencana keluarga di padang Baluran, diiringi kunang-kunang dan monyet-monyet riuh bergelantungan membuat kesan yang tak terlupakan. Kemudian berlanjut mengunjungi kampung Osing, melepas tukik, dll. Ceritanya bisa dibaca disini ya..: https://www.perinduramadhan.com/blog/fsp-night-baluran.


FSP Cuntel 1441 H ini dikomandani oleh keluarga Nabla Home Team dibantu dengan keluarga Rumahku Surgaku (RKSK). Biasanya sih duet ini akan berlanjut menangani event PERAK tahun berikutnya. InsyaAllah. Ada 15 keluarga yang bergabung, termasuk keluarga baru dari Jogya dan Solo. Rombongan tiba sekitar pkl 14.00, menepikan mobil yang diparkir sepanjang jalan dan halaman rumah penduduk. Menuju ke lokasi ditempuh dengan berjalan kaki mendaki. Lumayan ngos-ngosan juga ini. Tapi, anak-anak kecil yang tampak semangat dan ingin lekas menuju lokasi camping, riang saja wajahnya. Memang ya...sesuatu yang dilakukan dengan suka riang, serasa mudah dan nikmat menjalaninya.


Catet nih! ..:)


Tiba di lokasi, tenda sudah siap. Peserta Sharing-FSP istirahat sebentar di aula menikmati welcome drink & snack. Setelah penat sedikit terobati dengan jajanan dan minuman, acara dilanjutkan dengan perkenalan. Ada beberapa keluarga baru dari Jogya: Mas Andi yang membawa istri dan 2 putrinya. Rupanya mereka 'terkompori' oleh keluarga KPK. Kemudian ada 2 keluarga muka lama, yaitu DjakFamily dan keluarga Hizbulhaq. Dua yang terakhir ini baru ikut aktifitas FSP, namun sudah pernah mengikuti event PERAK. Bahkan saat ini menjadi Kadus dan Sobat Kadus PERAK dusun Lawu. datang di PERAK Lawu ya? (kalau bertemu, pasti ada ajakan semacam itu sebagai promosinya, he..he..)


Setelah acara perkenalan selesai, dianjutkan dengan playdate untuk anak-anak. Playdate ini dihandle oleh keluarga Beniq dengan HappylearningMate-nya yang memang mumpuni membuat permainan untuk anak-anak. O, ya..keluarga Beniq ini pun bakal jadi Kadus PERAK untuk dusun Jadebotabek. Rencananya di kepulauan Seribu. Wow! Menarik ini, belum pernah PERAK didadakan di pesisir pantai. Kali ini anak-anak berkesempatan membuat kincir angin dan belajar tentang angin, arah angin, konstruksi kincir, dan bagaimana angin bisa memutar kincir. Wow! Anak-anak suka.... dan menempelkan kincir angin buatan mereka di tenda masing-masing. Beniq, keren jasa!

Setelah menikmati sunset dan selepas istirahat, sholat, dan makan, acara inti pun berlangsung, yaitu sharing FSP masing-masing keluarga. Sebelumnya dibuka dulu oleh Mbak Linda dari Keluarga Pelem Kaih (KPK) tentang point-point FSP. Mbak Linda ini memang 'nglothok' banget tentang FSP. Tahun lalu FSP-nya yang paling detail dan runtut. Jadi, wajar bila didaulat menjadi host FSP di Cuntel ini.


Berikutnya tiap-tiap keluarga mempresentasikan rencana keluarga masing-masing. Seperti apa ya kira-kira FSP mereka? Penasaran? Yuk, teruskan membaca di bagian 2...  


#FSPCuntel1441H 

111 views0 comments

Recent Posts

See All