TENTANG KAMI

Marhaban Yaa Ramadhan, bulan mulia bulan yang lebih baik dari 1000 bulan. Ketika akan datang,  aromanya saja pasti sudah jauh tercium bagi umat yang menanti-nantikan kehadirannya.

Berawal dari sebuah keinginan untuk mempersiapkan Ramadhan dengan penuh kesungguhan, maka tim dari Padepokan margosari yang terdiri dari Dodik Mariyanto, Septi Peni Wulandani, Enes Kusuma, Ara Kusuma dan Elan JM, menginisiasi sebuah event Ramadhan yang pertama kali diberi nama PERAK, dengan kepanjangannya Pesantren Ramadhan Keluarga di tahun 2014. 

Event ini dihadiri oleh 10 Keluarga yang datang dari Bandung, Surabaya, Bekasi, Salatiga, Semarang dan Jakarta. Acara ini diselenggarakan di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Selo, Boyolali. Para peserta Perak 2014 bersama-sama berkegiatan sahur bersama, buka bersama, belajar bersama selama 3 hari 2 malam.

Ternyata aktivitas bersama ini membuat rasa rindu yang membuncah. WhatsApp Grup yang awalnya menjadi sarana koordinasi menjelang event saja, akhirnya menjadi WhatsApp grup komunitas, tempat para keluarga PERAK sharing berbagai ilmu dan pengalaman mendidik anak, serta serba serbi Ramadhan.

Tahun 2015, PERAK diselenggarakan kembali di bulan Rajab, karena teman-teman ingin mempersiapkan jauh-jauh hari aktivitas Ramadhan di tahun ini. Berkumpullah 25 keluarga, bertempat di kaki gunung Merbabu, Salatiga.

Tahun 2016, PERAK diselenggarakan di perbukitan Menoreh, Bantul, Jogjakarta. dihadiri oleh 35 keluarga.

Tahun 2017, PERAK diselenggarakan di dataran tinggi Ciwidey, Bandung, dan semakin banyak peserta yang hadir yaitu sekitar 40 keluarga.

Terakhir di tahun 2018, PERAK diselenggarakan di Malang Jawa Timur, dihadiri 46 keluarga dari seluruh Indonesia. 

PERAK 2018 ini menjadi event terakhir yang dilaksanakan oleh tim dari Padepokan Margosari didampingi 1 keluarga yang belajar menjadi panitia. Selanjutnya PERAK 2019 ke depan akan diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia, sesuai teman Perak 2018 adalah "Sporaku terbang jauh".

Sekarang PERAK menjadi sebuah komunitas besar, selamat datang di komunitas ini. Dan ijinkan saya selaku Lurah komunitas, mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya akhlak dan kebaikan.



Salam,




Lukmanul Hakim
Lurah Komunitas